Minggu, 29 Januari 2012

PERISTIWA BESAR 12 RABIUL AWAL

Tanggal 12 Rabiul Awal adalah hari bersejarah yang utama bagi umat muslim di seluruh dunia, karena pada hari itulah junjungan kita Nabi Muhammad SAW dilahirkan ke dunia membawa rahmat bagi seluruh alam (QS Al Anbiya’ : 21).

Beliau dilahirkan di Makkah kira-kira 200 m dari Masjidil Haram pada hari Senin menjelang terbit fajar 12 Rabiul Awal tahun Gajah bertepatan dengan 20 April 571 M. kini tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW itu dijadikan perpustakaan “Maktabah Makkah Al Mukarromah”.

Kelahiran Nabi Muhammad SAW dinamakan “Tahun Gajah” karena pada saat itu para tentara Abrahah dari Yaman menyerang Ka’bah dengan maksud akan menundukkannya. Mereka datang dengan mengendarai gajah, akan tetapi penyerangan itu gagal karena ALLAH SWT mengirim pasukan berupa “Burung Ababil” dari angkasa dan burung-burung itu menyerbu (menjatuhkan) batu-batu berapi kepada tentara Abrahah sehingga mereka hancur lumat seperti daun kayu yang dimakan ulat.

Sebagaimana firman ALLAH SWT dalam Al Qur’an surat Al-Fiil ayat 1-4.

بسم الله الرحمن الرحيم
أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ(1)أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ(2) وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ (3)تَرْمِيهِم بِحِجَارَةٍ مِّن سِجِّيلٍ(4)فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُولٍ(5
 Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah?(1) Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka'bah) itu sia-sia?(2) dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong,(3) yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar,(4) lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).(5)

PERISTIWA HIJRAH (sampainya Rasulullah di madinah pada 12 Rabiul Awal) Selain 12 Rabiul Awal merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, pada tanggal ini pula Beliau dan Abu Bakar beserta rombongan hijrah dari Makkah menuju Madinah. Dan kedatangan Nabi Muhammad SAW beserta rombongan disambut dengan gembira oleh para penduduk Madinah dan hal itu disambut dengan tasyakuran (pesta) besar. Hijrahnya Nabi Muhammad SAW beserta rombongan sampai di kota Quba’ (pada saat itu disebut Yasrib) pada hari Isnain 8 Rabiul Awal dan sampai di kota Madinah pada hari Jum’at 12 Rabiul Awal, kemudian pada hari itu Nabi beserta rombongan dan penduduk setempat melakukan sholat Jum’at yang pertama.


PERISTIWA WAFATNYA NABI MUHAMMAD : 12 RABIUL AWAL Wafatnya junjungan besar kita, Muhammad Rasulullah SAW pada hari Senin 12 Rabiul Awal 11 H bersamaan 7 Juni 632 M. Baginda wafat di rumah istrinya Aisyah ra dan dikebumikan di Madinah AlMunawaroh.

Selain peristiwa di atas, masih ada banyak peristiwa penting bagi umat Islam di bulan Rabiul Awal diantaranya : 
1. Pelantikan Nabi menjadi Rasul. 
2. Banyak peperangan yang telah terjadi pada zaman Rasulullah diantaranya perang badar, Bawat, ZI Amar (Ghadfan), Bani Annadhir, Daumatul Jandal, dan peperangan Bani Lahyan. 
3. Abu Bakar ra menjadi khalifah pertama menggantikan Rasulullah SAW yang pada saat itu wafat. 
4. Pembukaan Baitul Muqoddis pada tahun 583 H.
5. bersatunya kaum muhajirin dan kaum ansor
6. hari persatuan pertama ditangan abu Bakar Sidik ra setelah rasul saw wafat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar