Selasa, 01 Maret 2011

MEMUJI RASULULLAH DALAM MAULID

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1432 H (Masjid Jami al ikhlas RISMA) 


Memuji rosulullah SAW- juga dalam perayaan maulid sesungguhnya juga hal yang biasa. bahkan hal itu juga di ajarkan oleh allah SWT. dalam al-quran terdapat begitu banyak pujian dan sanjungan allah kepada nabi muhammad SAW. betapa tidak, beliau adalah kekasih-nya, habibullah. " aku adalah kekasih allah, dan hal ini aku sampaikan bukan karna aku sombong." (H.R. Tirmidzi dan darimi)
Nametag Panitia
Pujian allah SWT kepada rosulullah SAW menjadi tolok ukur pujian kita kepada rosulullah muhammad SAW. yang paling populer barang kali pujian allah terhadap keagungan  akhlaq rosulullah SAW. allah berfirman. " innaka la'ala khuluqin azhim dan sesungguhnya engkau memiliki budi pekerti yang sangat agung." (QS AL-Qalam : 4).
Peringatan Dihadiri Lebih Dari 500 jiwa
Untuk memuji prilaku yang baik, umumnya digunakan kata mulia (mahmud), tapi dalanm ayat tadi allah menggunakan kata agung(azhim). seandainya allah  mengatakan " sesungguhnya budi perkertimu mulia", itu pun sudah menjadi pujian yang tiada tara. bagaimana tidak, sebab yang memuji adalah allah SWT yang maha sempurna.
penampilan anak mushola nurul hikmah
tidak cukup dengan kata (azhim),.dalam ayat tadi allah SWT juga menbubuhkan kata inna dan huruf lam taukid (yang berfungsi menyangatkan) sekaligus. padahal, biasanya penggunaan salah satu dari kata inna (sesungguhnya)dan ia (benar-benar) sudah cukup untuk pertanyaan yang sifatnya menyangatkan.
dalam ayat lain allah SWT berfirman, "sesungguhnya telah datang seorang rosul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, ia sangat menginginkan keimanan dan keselamatan bagimu, sangat pengasih dan sangat penyayang terhadap orang-orang mu'min(QS At-tawbah : 182)
Kaum ibu
 RISMA dan tamu undangan

dalam kitab tafsirnya imam Qurthubi menyatakan, ketika mengomentari ayat tadi Al-husein bin fadhl berkata, "allah tidak pernah menggunakan dua nama-nya untuk memuji seorang nabi pun, kecuali untuk memuji nabi Muhammad SAW. ketika menyifatkan nabi, allah mewahyukan "sangat pengasi dan sangat penyayang terhadap orang mukmin", sementara ketika menyifatkan diri-nya, allah juga mewahyukan, 'sesungguhnya allah maha pengasih lagi maha penyayang kepada manusia'." (QS al-baqarah : 143)
mushola nurul hikmah

masjid jami al-ikhlas 
Bayangkan betapa allah, yang maha pengasih lagi maha penyayang, menyatakan, rosullullah muhammad SAW mempunyai sifat teramat sangat pengasih dan teramat sangat penyayang. hal itu tiada lain karena rosulullah SAW adalah hamba yang paling dicintai oleh-nya. mengapa? karena banyak keistimewaan rosulullah SAWyang tidak dimiliki oleh nabi lain. salah stu cara allah memanggil beliau. dalam al-quran, allah mengajarkan kepada kita untuk memanggil atau menyapa nabi dengan sopan. allah melarang kita memanggil nama nabi secara langsung. Janganlah kamu jadikan panggilan rosul di antara kamu seperti panggilan sebagian kamu kepada sebagian yang lain," (QS an-nur:63)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar